14 Tips Umroh Bulan Ramadhan Supaya Tetap Sehat

Tips umroh Ramadhan

Tips umrah agar tetap sehat

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh dengan Rahmat dan ampunan. Setiap bulan Ramadhan tiba berbagai amalan yang dilakukan oleh umat Islam akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, tak terkecuali melakukan ibadah umroh. Bagi yang ingin yang menjalankannya, kali ini akan saya bagikan tips  Umroh di bulan Ramadhan yang sangat membantu kalian.

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang banyak diimpikan oleh jutaan umat Islam di seluruh dunia. Setiap tahunnya para jamaah berbondong-bondong untuk pergi melaksanakan ibadah umroh terlebih di bulan Ramadhan adalah memang istimewa, bahkan sangat istimewa, karena senilai ibadah haji bersama Rasulullah SAW.

Tips Umroh di bulan Ramadhan

Umroh eklusif bersama Samira Trevel

Tips Umroh di bulan Ramadhan yang Memudahkan kalian

Umroh pada saat bulan Ramadhan memanglah istimewa, tetapi menjalaninya pun tak semudah yang dibayangkan. Maka dari itu diperlukan tips khusus agar ibadah umroh kalian di bulan Ramadhan berjalan dengan lancar.

Berikut adalah tips umrah saat bulan Ramadhan agar tetap sehat dan bugar :

1. Atur umroh supaya bisa dikerjakan pada malam Hari

Kalian tentu sudah mengetahui jika cuaca di Arab Saudi sangat panas, melaksanakan ibadah umroh pada siang hari selagi puasa Ramadhan tentu menjadi berat bagi kalian.

Cobalah untuk mengatur pelaksanaan umroh saat Ramadhan pada malam hari agar tidak kepanasan dan jika haus Anda bisa minum. Perlu diingat bahwa tahap-tahap umroh tidak hanya satu dan begitu banyak umat Islam yang berada di Ka’bah. Supaya pelaksanaan ibadah Anda lancar, maka dianjurkan memilih waktu malam hari untuk beribadah umroh.

Samira Trevel mempunyai bis Khusus Jamaah Umroh dan HAJI

Samira Trevel mempunyai bus Khusus di kota suci Makkah

2. Gunakan Siang hari untuk istirahat

Mengingat ibadah umroh vdilakukan pada bulan Ramadhan, maka kegiatan ibadah biasanya banyak yang dilakukan pada malam hari.

Sempatkan dan pergunakanlah waktu siang Anda untuk beristirahat yang cukup guna menyiapkan energi agar fit ketika melaksanakan ibadah di malam hari.

Jika Anda memilih waktu malam untuk umroh, persiapkanlah tenaga semaksimal mungkin. Tidak hanya makan makanan sehat, tetapi juga istirahat yang cukup. Maka dari itu gunakanlah waktu siang hari untuk istirahat, jangan terlalu banyak beraktivitas berat di siang hari.

‍3. Bersikap tenang Saat menghapi keramaian

Seluruh umat Islam di dunia pasti punya cita-cita berkunjung ke Tanah Suci. Biasanya di akhir bulan Ramadan, jutaan umat Islam akan datang untuk umroh. Mau tidak mau Anda harus siap menghadapi keramaian jutaan umat Islam dari seluruh dunia. Lapangkan hati dan pikiran, luruskan niat beribadah hanya kepada Allah.

Tips umroh di bulan Ramadhan

Umroh saat Ramadhan

4. Jangan khawatir soal buka puasa

Umroh sambil puasa Ramadhan di Mekkah dan Madinah, traveler tidak usah pusing mencari makan dan minum Bika puasa. Di masjid Nabawi dan masjid Haram terdapat takjil yang berlimpah ruah. Gratis! Traveler bisa mengambil takjil dan berbuka puasa bersama ribuan jamaah lain. Nikmatilah suasana kekeluargaannya. Pasti jadi kenangan. Eh, makannya jangan kalap ya!

5. Atur waktu sahur bersama grup umroh

Tour Lider  merangkum, makan sahur adalah persiapan penting untuk puasa di Tanah Suci. Habis itu mengejar sholat subuh di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Atur waktu baik-baik, jangan sampai ketinggalan, karena kita butuh jalan kaki dari hotel ke masjid. Disiplin dalam waktu adalah hal yang harus diterapkan agar ibadah Anda di tanah suci selama ramadhan berjalan lancar.

6. Sedia selalu kantong plastik di dalam tas umroh

Umroh saat ramadhan tentu sangatlah ramai. Banyak jamaah yang akan beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang notaben-nya adalah masjid-masjid terluas di dunia. Tidak mungkin rasanya meninggalkan sandal di luar masjid. Di dalam masjid memang bertebaran rak sandal atau sepatu, tapi capek juga kalau mengawasinya terus. Solusi terbaik ialah dengan membawa alas kaki kita ke-manapun berada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masukan sandal ke dalam plastik, dan plastiknya masuk tas umroh. Praktis! Jangan sampai kita kebingungan karena sandal hilang.

7. Siapkan Dana Ekstra

Pada saat bulan ramadhan, biaya penginapan dan transportasi disana berbeda dengan bulan sebelumnya, termasuk tiket pesawat dari Indonesia ke Arab Saudi. Oleh karena itu, siapkanlah dana lebih untuk paket umroh ramadhan.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umrahtravelmurah.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

8. Pilih Penginapan Yang Tidak Terlalu Jauh

Saat Anda memilih untuk beribadah umroh di bulan ramadhan, sebaiknya memilih penginapan yang tidak terlalu jauh dengan Masjidil Haram di Mekah. Hal ini dapat menghemat tenaga Anda, sehingga tidak mudah capek dan terserang sakit.

Jika sahabat memilih penginapan yang agak jauh, disarankan untuk tidak bolak – balik ke hotel dan diutamakan berdiam diri di masjid untuk berdzikir atau tilawatil quran karena sangat disayangkan apabila sahabat melawati momen berharga ini dengan begitu saja.

9. Siapkan Fisik dan Mental

Karena umroh merupakan ibadah yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat, terlebih pada saat bulan Ramadhan, sahabat perlu mempersiapkan kondisi fisik dengan baik sebelum keberangkatan. Selain itu Kondisi tanah suci yang cukup padat di akhir Ramadhan bisa sangat menguras kesabaran Anda. Untuk itu, siapkan mental agar Anda tidak mudah mengeluh, bisa tetap sabar, dan tidak stres. Kondisi kejiwaan yang sering stres dapat menekan sistem pertahanan tubuh, akibatnya membuat tubuh gampang sakit..

10. Berangkat Lebih Awal

Apabila sahabat berada di hotel, disarankan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum berangkat ke masjidil haram atau masjid nabawi dan berangkatlah lebih awal agar tidak kehabisan tempat.

11. Perbanyak Minum Air Putih

Banyaklah minum air putih (Air Zamzam) pada saat malam hari, agar tidak mengalami dehidrasi sewaktu melaksanakan ibadah, dikarenakan cuaca yang panas.

12. Makan Makanan yang Berkualitas

Perbanyak makan makanan yang berkualitas agar kuat melaksanakan ibadah. Disarankan untuk memakan Ruthab (Kurma Basah) sebelum beribadah agar tubuh lebih segar dan dapat maksimal ketika melaksanakan ibadah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umrahtravelmurah.com

13. Siaga Dengan Barang Bawaan

Tips umrah di bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah dengan siaga dengan barang bawaan milik Anda. Akan banyak jamaah ketika Umroh di bulan Ramadhan. Berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda agar tidak hilang karena banyaknya orang pada saat melaksanakan ibadah umroh sehingga sahabat kurang fokus dengan barang bawaannya.

14 . Selalu berdoa Memohon doa Perlindungan kepada Allah

Tips Umroh yang terakhir adalah agar kalian terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan maka sebaiknya selalu berdoa memohon doa agar ibadah umroh diberikan kelancaran dan kenyamanan. Mengingat banyak keutamaan umroh di bulan Ramadhan.

Berikut adalah keutamaan umroh di bulan Ramadhan :

Jika berbicara mengenai pahala yang akan diperoleh, jumhur (kebanyakan) ulama berpendapat jika umrah ketika bulan suci Ramadan sangat diutamakan. Sebab, umrah selama Ramadan menjadi jalan untuk mendapat pahala setara haji.

Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim bersabda:

“Jika datang bulan Ramadan, lakukanlah umrah. Karena umrah di bulan Ramadan, senilai haji bersamaku. (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Meski setara haji, tetapi umrah saat Ramadan tidak menggugurkan kewajiban ibadah haji, ya! Haji tetap wajib dijalankan bagi umat Islam yang mampu melaksanakannya.

Pembuka Rezeki dan Keberkahan
Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan pahala. Dalam hal ini, umrah di bulan Ramadan dapat membantu umat Muslim untuk menambah pahala dan keberkahan dalam ibadah mereka.

Selain itu, melaksanakan umrah saat Ramadan juga dapat menjadi pembuka rezeki. Bahkan, biaya umrah saat Ramadan yang jumlahnya akan lebih besar dibandingkan bulainnya, akan dianggap menjadi jalan Fi Sabilillah atau digunakan di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Memberikan Pengalaman Spiritual yang Berbeda
Melaksanakan ibadah puasa di Tanah Suci tentu akan menjadi pengalaman yang luar biasa. Dalam suasana yang tenang dan penuh kekhidmatan, kita dapat merasakan kehadiran Allah lebih kuat.

 

Demikian tips UMROH di bulan Ramadhan semoga bermanfaat dan ibadah Anda lebih bermakna . Semoga ibadah umroh Anda di terima oleh Allah dan mendapatkan Pahala yang berlipat ganda.

#umrohjogja #umrohmurah2023 #travelmurahjogja #travelterbaikjogja #umrohramadhan #paketumarahramadhan2023 #umraheksklusive 

Posted in Ibadah Umroh and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *