10 Persiapan Umroh Yang Perlu diperhatikan Calon Jamaah

Persiapan umroh menjadi hal mutlak yang perlu dilakukan oleh calon jamaah. Ibadah umroh merupakan ibadah yang menuntut persiapan fisik, mental, maupun keuangan yang matang. Meski tergolong sunnah, ibadah umroh memiliki banyak keutamaan bagi siapapun yang mampu menjalankannya.

Beberapa keutamaan umroh antara lain menghapus dosa, doa yang dipanjatkan akan terkabul, mendapatkan ketenangan hati, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Maka dari itu, butuh persiapan umroh yang harus dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Bagi Sahabat yang akan melaksanakan ibadah umroh dalam waktu dekat, simak beberapa persiapan umroh dalam artikel di bawah ini.

PERSIAPAN JASMANI

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya memerlukan kesehatan jasmani yang prima. Maka dari itu, jamaah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat agar ibadah umrahnya lancar.

Persiapan umroh

Persiapan umroh

 

Anda dapat menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, serta minum suplemen seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti jogging, workout ringan, atau olahraga lainnya. Berbekal fisik yang kuat akan menunjang kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

PERSIAPAN ROHANI

Selain jasmani yang prima, Anda juga wajib mempersiapkan rohani Anda supaya bisa benar-benar khusyu’ dalam melakukan ibadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Sebab bagi orang yang menjalankan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan keluarga untuk sementara. Selain hal tersebut, Anda juga harus menghabiskan sejumlah biaya yang harus dibayarkan lewat biro travel umrah yang Anda gunakan.

PERSIAPAN KELENGKAPAN DATA

Dokumen yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan umrah antara lain KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima pemesanan hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain.

PERSIAPAN BARANG BAWAAN

Nah, ini adalah persiapan yang harus dicermati. Ada Baiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper guna memuat barang yang Anda bawa. sebuah koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan satu tas berukuran kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang bawaan sesuai keperluan. Misal untuk pakaian ditaruh dalam koper, tas jinjing untuk membawa peralatan mandi, obat-obatan dan kelengkapan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa kartu identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

MEMPELAJARI TENTANG IBADAH UMROH

Hal ini kadang terlewat, padahal semestinya hal ini adalah langkah yang terbilang penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, apa saja rukunnya, urut-urutannya agar tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus diucapkan. Anda bisa mencari referensinya yaitu dengan membaca buku ibadah umrah, mencari tentang ibadah umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang telah melaksanakan ibadah umrah.

MENENTUKAN PILIHAN JASA TRAVEL UMROH TERPERCAYA

Sebaiknya, Anda memilih biro travel umroh terbaik yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat testimoni jamaah yang telah diberangkatkan, juga melihat profil serta riwayat travel umroh tersebut.Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi umrah sehingga layanan mereka dapat Anda cermati melalui internet, misalnya dengan mengunjungi website, melihat daftar harga paket umroh, mendapat notifikasi email dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan sebagainya.

MEMBAWA OBAT-OBATAN PRIBADI

Jika Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang tidak baik, mempunyai alergi yang spesifik, dan membutuhkan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu menyiapkan obat-obatan pribadi yang harus Anda sertakan saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain obat khusus, obat-obatan yang umum seperti P3K dan minyak urut, juga dapat Anda bawa secukupnya.

MEMBAWA BARANG-BARANG SPESIFIK WANITA/PRIA

Barang-barang spesifik wanita banyak ragamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, peniti, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk pria, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda bisa membawa cadangan kain dan juga pakaian ganti ihram yang nyaman.

MERENCANAKAN DOA-DOA SEBELUM PELAKSANAAN IBADAH UMRAH

Ketika umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga teman. Supaya selalu ingat, siapkan catatan khusus doa, agar Anda tidak lupa dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

PERSIAPAN SUPLEMEN TAMBAHAN UNTUK MENJAGA KEKUATAN DAN KESEHATAN SAAT PELAKSANAAN

Penting sekali menjaga ketahanan fisik saat mrelakukan ibadah umrah. Anda dapat memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa mengkonsumsinya saat diperlukan.  Nah, itulah 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Konsultasikan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang perlu dan tidak harus dipersiapkan. Semoga bermanfaat!

Posted in Ibadah Umroh, Persiapan Umroh and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *