Cara hadapi Penolakan saat Lakukan Penawaran

Mitra Samira Travel tidak seharusnya langsung menyerah ketika pelanggan menolak”

Strategi hadapi penolakan saat penawaran

Pelanggan dapat menolak tawaran paket umroh dalam berbagai alasan. Beberapa alasan yang umum yang menyebabkan pelanggan menolak tawaran tersebut adalah kurangnya kepercayaan pada perusahaan atau perwakilan penjualan, kurangnya kebutuhan atau minat  terhadap produk yang ditawarkan serta kurangnya pemahaman produk dan jasa tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang Mitra samira Travel mengetahui apa alasan penolakan yang diajukan pelanggan agar dapat menjawab penolakan dan kembali perhatian pelanggan terhadap terhadap produk paket umroh yang sedang ditawarkan.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan contoh alasan dan cara menjawab agar penjualan travel umroh perusahaan makin lancar.

Bagaimana menghadapi penolakan, saat melakukan penawaran???

Tips nya:
_No defensif, No Bantah, No Baper. Kuasai nilai lebih produk Anda._

karena orang pada dasarnya tidak suka ditentang apalagi di lawan.

Caranya????

1. KLARIFIKASI, coba cari tahu secara baik apa yng dimaksud dari penolakan. MENDENGAR dengan PERHATIAN adalah kunci kita mengetahui alasan penolakannya.

2. TANYAKAN KEMBALI, untuk memastikan pemahaman kita dengan mereka sama. Tanyakan kembali…alasan mengapa mereka berfikir seperti tu.

3. Jawab dengan SIMPATI, EMPATI lalu berikan SOLUSI dari kekhawatirannya. Pola jawabannya bisa seperti berikut;
_“Saya mengerti kondisi Anda, saya juga merasa sama persis demikian….. Dan begitu saya kenal SAMIRA travel, ternyata saya menemukan … ”(di Samira Travel, ada solusinya).

ini bisa diurus kemudian administrasinya.

Disini yang perlu kita pahami adalah…
– evaluasi diri kita secara jujur kenapa hal itu terjadi.
– jika secara jujur ternyata caljam atau calmit ternyata lebih memilih dengan mitra lainnya, mungkin saja Alloh siapkan untuk kita di orang lain, di tempat lain yang mungkin lebih baik buat kita.

jika kita tidak ingin mengalami hal itu, berati kita tidak bisa melakukan hal semisal yaitu merebut caljam yg sedang di prospek oleh rekan kita. Ibarat orang sedang meminang, kita tidak boleh mengajukan pinangan diatas pinangan saudara kita.

setelah memahami ini,…saya terbiasa (kalau butuh klarifikasi lebih jelas), Saya akan bertanya langsung,

Kenapa Bapak/Ibu lebih memilih dia ketimbang saya?

Strategi dan Cara hadapi Penolakan

1. Terima Penolakan dengan lapang dada

Hal yang satu ini terbilang mudah untuk dikatakan namun sulit dilakukan. Saat hadapi penolakan dari konsumen, upayakan untuk menerimanya dengan lapang dada. Ingat, bahwa penolakan tak selalu hal yang buruk. Penolakan konsumen bisa datang dengan beragam bentuknya. Hanya saja banyak pula pengusaha yang mampu terima kritikan secara pribadi. Banyak orang mampu tumbuh dewasa hanya dengan mengukur nilai mereka melalui prestasinya,

Seorang pengusaha yang ingin sukses tentu saja harus mampu merubah sikap mereka dari pujian maupun penolakan dari konsumennya. Jadi pastikan sikap yang kita tunjukkan bisa diterima oleh konsumen.

2.  Tanyakan Alasan Konsumen 

Ketika konsumen menolak produk kita, tidak ada salahnya menanyakan apa sajakah alasan mereka menolaknya. Jika memang alasannya berkaitan kemampuan konsumen, tentu saja kita tidak perlu bertanya semakin jauh.

Tetapi jika alasan mereka terkait kesalahan kita sebagai sales atau produknya kurang menarik, maka kita bisa bertanya lebih lanjut. Ketika konsumen memberikan feedback, terimalah masukan tersebut untuk perbaikan ke depannya.

3. Memberikan Respons yang Positif

Saat konsumen mau menjelaskan berbagai alasan dari penolakannya, sudah seharusnya kita mampu memberikan respon positif. Semisal, konsumen memberikan penolakan dikarenakan keuangan mereka belum mencukupi. Sudah seharusnya kita mampu mengatakan, ”Tidak apa, ibu. Semoga kedepannya rezeki ibu semakin lancar.”

Jika memang penolakan dari konsumen dikarenakan kesalahan ataupun sikap kita sebagai sales, usahakan bisa meminta maaf secara langsung dan berjanji kedepannya untuk lebih baik lagi. Jangan lupa juga memberikan ucapan rasa terima kasih dikarenakan sudah diberikan saran maupun sebuah masukan. Jangan sampai kita mencari sebuah alasan sebab hal ini hanya akan memancing perdebatan panjang.

4. Pelajari Kekurangan Bisnis Kita

Salah satu dari kunci kesuksesan dalam hal apapun itu tentu saja kemauan belajar. Usahakan mempunyai pemikiran lebih terbuka agar bisa mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Pastikan kita mampu memperoleh umpan balik dari konsumen jika memang kita belum melakukannya. Terlebih tentang kekurangan yang kini dirasakan.

Bisa jadi produk ataupun jasa kita sebetulnya diminati banyak orang, hanya saja pendekatan kita pada konsumen dinilai gagal. Jangan salah prasangka, sebab beberapa penolakan sebetulnya didasarkan terhadap kebutuhan pelanggan yang ternyata belum terpenuhi.

5. Menjadikan Penolakan Sebagai Tolak Ukur

Mitra Samira Travel  yang sudah berpengalaman tentu tidak akan menggangap penolakan dari konsumennya sebagai penghalang mereka untuk melakukan closing.

Mereka lebih suka menjadikan penolakan dari konsumen sebagai tolak ukur agar mampu melakukan identifikasi penolakan prospek kedepannya nanti.

Setelah itu, kita sebagai penjual paket umroh bisa mengingat sekaligus mencatat mengenai apa saja penolakan yang pernah dirasakan. Dengan begitu, kedepannya nanti sudah merasa siap jika memperoleh respon penolakan dari calon jamaah umroh.

Demikian Strategi dan cara hadapi penolakan saat penawaran paket umroh, semoga bermanfaat. Salam MBS, Mulia Bahagia dan Sejahtera.

× Apa yang bisa saya bantu ?