Umroh di Bulan Syawal 2024

Ibadah Umroh bisa dilaksanakan kapan saja selama anda mampu dan siap secara matrial maupun mental seseorang. Selama satu tahun, bulan Syawal menjadi favorit bagi umat muslim untuk melakukan ibadah Umroh. Alasannya karena banyak umat yang ingin menyempurnakan ibadah ramadhan dengan ibadah Umroh. Lalu bagaimana hukumnya umroh dibulan Syawal?? Simak penjelasan dibawah ini.

 

Hukum Umrah di Bulan Syawal

Berbeda dengan ibadah Haji, hukum ibadah umrah adalah sunnah dan bisa dilakukan kapan saja. Artinya ibadah ini bisa dijalankan oleh umat muslim di bulan Ramadhan, Syawal, dan bulan-bulan lainnya. Perlu diketahui jika ibadah ini tidak terikat oleh waktu dan bulan tertentu, yang terpenting ada di Mekkah dan memenuhi syarat-syarat umrah beserta rukunnya.

Sebagai ibadah yang tidak terikat oleh waktu, membuat banyak umat muslim yang sudah menunaikan ibadah umrah tetapi belum menunaikan ibadah haji. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat waktu tunggu untuk menunaikan ibadah haji sangat lama, bahkan sampai puluhan tahun.

Waktu tunggu yang cukup lama membuat banyak umat yang khawatir jika dana yang dimiliki habis sehingga tidak bisa beribadah di Tanah Suci Mekkah. Oleh karena itu, banyak yang memutuskan untuk menunaikan ibadah umrah terlebih dahulu sambil menunggu waktu giliran berangkat ibadah haji.

Namun, perlu diketahui meski kamu sudah menunaikan ibadah umrah berkali-kali tetapi tidak menggugurkan kewajiban untuk berhaji. Perlu diingat jika ibadah umrah merupakan ibadah sunnah sedangkan haji hukumnya wajib. Jadi, kesimpulannya yaitu menunaikan ibadah haji di bulan Syawal diperbolehkan asalkan memenuhi syarat yang ditentukan.

Berikut syarat umrah yang harus dipenuhi:

  • Beragama Islam
  • Berakal
  • Baligh
  • Memiliki kemampuan dalam hal kekuatan fisik, finansial dan waktu
  • Merdeka

Tips Mempersiapkan Umrah pada Bulan Syawal

tips mempersiapkan umrah di bulan syawal

Agar ibadah umrah bisa berjalan dengan lancar, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

Niat yang Kuat

Jika kamu ingin segera menunaikan ibadah umrah berarti harus memasang niat kuat-kuat. Meski Anda masih belum memiliki dana yang cukup untuk menjalankan ibadah ini, jika sudah niat pasti ada jalannya. Niat yang kuat untuk ibadah akan memudahkan Anda untuk bisa segera berangkat kesana.

Bekali Diri dengan Informasi Tentang Ibadah Umrah

Bagi yang baru pertama kali menjalankan ibadah umrah, disarankan untuk membekali diri dengan informasi tentang ibadah umrah. Sebelum berangkat kamu harus mempelajari dan memperdalam pengetahuan serta informasi tentang ibadah umrah. Tips ini penting dilakukan mengingat ada persyaratan yang harus dipenuhi, larangan yang harus dipatuhi serta rukun ibadah umrah.

Siapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Dana tabungan umrah dari Bank Danamon

Jika kamu memiliki keterbatasan keuangan untuk berangkat umrah, jangan sedih karena kamu bisa mulai menabung untuk biaya umrah mulai saat ini. Kamu bisa memulainya dengan mengurus pembukaan tabungan umrah dan berusaha disiplin menabung setiap bulannya.

Tentukan waktu kapan kamu akan berangkat umrah. Kamu harus menentukan target kapan harus berangkat umrah agar lebih termotivasi untuk memenuhi target tersebut. Saat ini banyak bank yang bisa kamu pilih untuk menyiapkan dana tabungan umrah. Di mana masing-masing bank menawarkan kemudahan dan keuntungan masing-masing.

Disarankan untuk segera membuka tabungan Umroh di bank Danamon. Ada banyak kemudahan yang didapatkan apabila membuka tabungan umrah di bank Danamon. Salah satunya bisa menentukan sendiri target dana, jangka waktu menabung dan juga jumlah setoran rutin setiap bulannya.

Cerdas dalam Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Jika kamu ingin menunaikan ibadah umrah di bulan Syawal, kamu bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Supaya bisa lebih hemat, kamu harus cerdas dalam memilih umrah hemat yang berkualitas. Biasanya agen perjalanan umrah akan menawarkan paket ibadah umrah Ramadhan yang dilakukan di penghujung bulan Ramadhan hingga awal bulan Syawal.

Jika ingin mendapatkan harga miring, kamu bisa booking paket umrah bulan Syawal secara rombongan. Menggunakan cara ini biasanya akan mendapatkan potongan harga yang lumayan banyak dari biro umrah.

Nah itulah informasi tentang hukum umroh dibulan Syawal beserta tipsnya. Bagi anda yang menunaikan ibadah Umroh semoga berbagai tips diatas bisa membantu ibadah Umroh berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

 

Sumber berita : https://damaraisyah.com/hukum-umrah-di-bulan-syawal/

Posted in Ibadah Umroh and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *